adsense

Cara Mengatasi Masalah Install Game Android

Pernah mengalami masalah saat install aplikasi di android? Terutama game, pasti dong? Emang kamu tau ga sih apa masalahnya kok sampai ga bisa install? kalau tidak tau saya bakal jelasin, dan tulisan ini ditujukan pada buat kamu-kamu yang masih belum paham soal game android. Belum lagi saya juga menerima beberapa pertanyaan yang intinya sama, kesalahannya sama. Makanya saya bikin artikel khusus untuk mengatasi masalah saat install aplikasi maupun game.

Supaya kita bisa menemukan Cara Mengatasi Masalah Install Game Android, maka kita perlu wajib tau masalahnya itu ada dimana? Karena saat terjadi masalah, itu ada di 2 hal. yaitu masalah pada aplikasinya, atau masalahnya ada di hpnya. Malahan, kadang saya bingung ketika dapat pertanyaan "Min, kok ga bisa"? Kalo ditanya 'ga bisa?' saya malah bingung jawabnya karena banyak kemungkinan yang membuat game atau aplikasi tersebut ga bisa di install.

Cara Mengatasi Masalah Install Game Android

cara atasi masalah instal game

Contoh kecilnya: "Berapa lama waktu yang ditempuh untuk pergi ke sumatra?" Kalo ditanya gitu, jawabannya pun banyak, kalo kita tidak tau dimana sumatra maka otomatis kita pun ga bisa jawab tapi kalo kita udah tau pun maka yang jadi masalah itu: "Berapa lama? Emang pergi naik apa? Mobil, kapal atau jalan kaki?"  Kalo sudah tau detailnya kayak gitu otomatis kan lebih mudah ngejawab, hehe.

Oke, abaikan hal itu. itu hanyalah sedikit perumpamaan tentang mengatasi masalah install game karena tiap masalah yang dialami jawabannya bisa beda-beda. Semua tergantung hp, yang pakai, dan jenis hp androidnya. Kenapa?

Masalahnya ada di hp

Tiap hp itu berbeda-beda speknya, misal: ram 1gb, rom 8gb, gpu adreno dengan sistem operasi android jelly bean. Nah, saat pertama kali kita install sebuah aplikasi yang paling penting untuk diperhatikan itu di bagian ROM yang tersedia dan juga tipe android kamu. karena itulah yang paling berperan penting untuk menentukan bisa enggaknya kita install aplikasi karena tiap pembuat aplikasi saat awal coding (coding = baca aja: pas pertama kali bikin) dia selalu menentukan target pengguna android berapa yang bisa install aplikasi ini? Pasti itu!
Baca juga: Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Dengan Mudah
Nah, itu dia yang menentukan kita bisa enggak nginstalnya? karena kalo hp android kita versinya dibawah minimum spek yang ditentukan si pembuat maka otomatis tentu aja kita ga bakalan bisa install gamenya.

Masalahnya ada di si pengguna

Iya, masalahnya ada pada pengguna hp. Yaitu emang kamu punya game berapa sih di hp kamu? Ohh, gitu yaa? trus sisa rom kamu berapa? Nah, tiap pengguna jumlah game di hpnya pasti beda-beda bukan? Tiap orang ga mungkin sama, yaa sama sih tapi itu 10 banding 1. Kalo ga gitu kita install game yang sama namun yang sama hanya beberapa aja.

Cara mengatasi apl tidak terpasang

Hal ini masih ada kaitannya dengan diatas, yaitu sisa rom di hp kamu. Kalau rom kamu sedikit maka sudah pasti kamu ga bisa instal gamenya. Karena saat instal sebuah game, maka game yang kita install itu nanti akan pindah lokasinya ke dalam memori system di hp kita. Misal: kita install cheat subway surf, ukurannya kan sekitar 60mb'an? Lalu saat kita sudah sukses menginstall gamenya, maka rom kita pun akan berkurang dan dikurangi 60 mb, jika kamu punya sisa rom bebas 100mb maka nanti bebasnya jadi 40mb.

Jadi intinya, semakin banyak kita install game maka semakin berkuranglah isi memori rom kita. Sama aja kayak kamu punya sisa memori eksternal 100mb lalu kamu download file mp3 yang ukurannya 60 mb. Kan abis itu sisa memori kamu jadi 40mb? terus kalo kamu pengen download lagi file mp3 dengan ukuran 50mb, emang kamu bisa menyimpannya? Tidak bisa kan? Itu karena memori kamu penuh. Oke, kalo begitu saya langsung jelasin aja beberapa masalah yang paling sering banget kita alami saat pasang aplikasi maupun game.

Atasi Masalah Application not installed

Pernah mengalami hal tersebut? Biasanya sih pemberitahuannya kayak gitu atau gini "APP not installed" atau kalo bahasa indonesianya "Apl tidak terpasang". Nah, untuk mengatasi hal ini ada beberapa cara. Cara pertama:
  1. Pergi ke pengaturan
  2. Lalu perki ke "Keamanan" Atau privacy, security atau yang lain.
  3. Terus cari "izinkan pemasangan aplikasi sumber tidak dikenal" atau kalo bahasa inggis biasanya gini: "Allow install app from unknown resources" atau mirp* deh, karena tiap hp beda-beda kata-katanya.
  4. Setelah itu, kamu centang deh itu.
Itu fungsinya supaya kamu bisa menginstall aplikasi dari sumber yang tidak dikenal, biasanya aplikasinya berasal yang bukan langsung dari playstore dengan artian kamu download file apk secara manual, contohnya kayak di blog ini http://namatin.blogspot.com. Kan semua file berupa apk? terus kalo misal kamu sudah mencentang itu tapi kok tetap apl tidak terpasang? Baiklah, lanjut ke cara kedua

Lihat sisa ROM dan versi android kamu

Seperti yang sudah tak bilang tadi, kalo rom itu penting sekali. Termasuk versi android juga sangat penting, untuk melihat sisa memori rom kamu sebenernya ada 2 cara, cara pertama saya biasanya memakai aplikasi Root Explorer lalu masuk ke dalam folder system dan melihat di bagian atasnya, terus masuk folder Data, lalu folder APP. Diatasnya nanti akan muncul dan terlihat berapa sih sisa romnya? tapi itu cara khusus buat hp yang sudah di root, buat hap yang belum di root ada alternatif lain.

atasi masalah install game
Yaitu, install aplikasi bernama CPU Z. Lalu kamu buka deh aplikasinya dan buka bagian "System" dan nanti akan muncul gambar seperti diatas. Yang wajib kamu perhatikan adalah bagian Android Version, Kernel Architecture dan Available storage. Untuk melihat sisa rom kamu itu berapa, kamu lihat deh di bagian yang tak kasih warna merah. Angka tersebut adalah total sisa rom saya, yaitu 0.22GB kalo dijadikan mb jadinya sekitar 220 mb.

Syarat minimal sisa rom yang wajib kamu miliki supaya kamu bisa pasang game android ialah 100mb, itu minimal setelah kamu pasang aplikasinya karena di hp saya kalo sisanya kurang dari itu maka aplikasinya tidak bisa dipasang. Jadi maksudnya gini:
Baca juga: Cara Pakai Emulator ps1 Android Dengan Lancar
Misal sisa rom kamu 120mb, lalu kamu install aplikasi ukuran 20 mb, kan sisanya tinggal 100mb saat setelah install kan? terus kalo misal sisa 120mb, lalu kamu install aplikasi ukuran 30 mb maka kemungkinan tidak akan bisa dipasang aplikasinya karena total sisa setelah install itu kurang dari 100mb. paham kan? Tapi itu bukanlah nilai yang BAKU, yang artinya kondisi tiap hp berbeda kadang ada yang minimalnya 70mb, 50mb atau yang lain.

Tapi kalo bagi saya 50mb itu terlalu sedikit sekali, dan jika kamu memaksakan instal aplikasi maka kemungkinan terburuknya kamu akan selalu mengalami "Aplikasi google play telah terhenti". Jadi saat kamu mengalami masalah "apl tidak terinstal", maka kamu harus memastikan dulu apa rom kamu masih banyak? Sudah yakin rom kamu masih tersisa banyak tapi tetap mengalami masalah yang sama? Kalo begitu lanjut deh.

Cara Mengatasi

Hapus beberapa aplikasi yang memiliki ukuran apk besar. Misal, kayak apk game cheat riptide gp renegade. Itu kan punya ukuran hampir menyentuh 100mb'an? nah, cukup hapus satu atau dua aplikasi semacam itu. Cara lain adalah dengan cara menghapus cache beberapa aplikasi messenger, semisal Instagram, Line atau WA. Saya lupa mana yang memakan memori rom untuk menyimpan cachenya tapi, kalo punya kamu bisa menghapus datanya aja.


Perhatikan Versi Android kamu

Coba lihat deh di bagian android version, android kamu versi berapa dan apa? kalo versi 4.1 keatas itu masih termasuk jelly bean. Diatas kan sudah pernah tak sebutin kalo target sebuah aplikasi itu berbeda-beda, semakin baru targetnya maka semakin sedikit pula yang install. Sebagai contoh, ada pengembang yang menargetkan aplikasinya bisa di install di hp versi gingerbread, maka otomatis semua versi diatasnya pasti bisa menginstal aplikasi tersebut.

So kemungkinan besar yang makai pun banyak. Jadi hal pertama yang wajib kamu pastikan adalah apakah hp kamu sudah sesuai target? Contohnya, untuk game subway surf terbaru. Coba lihat gambar dibawah ini.

atasi masalah saat install game


Untuk versi terbarunya yang 1.66, hanya bisa di instal pada hp android kitkat (4.4) keatas. jadi untuk bisa mengatasi masalah aplikasi tidak bisa terpasang ialah kamu harus bisa memastikan apakah versi android kamu sudah sesuai? Caranya tinggal cari aja info aplikasinya, berapa minimum spek hp agar bisa menginstal aplikasi tersebut? Kalo kamu ga mau repot kamu bisa pergi ke google dan mengetikkan "nama aplikasi kamu apkpure" lalu klik search.

jadinya gini nanti, misal: "subway surfers apkpure" lalu di halaman pencarian kamu klik situs dengan nama apkpure.com. Terus lihat dibagian bawah sendiri di bagian apk history. Kamu akan melihat gambar seperti diatas, perhatikanlah yang saya lingkari warna merah. Itulah versi minimum yang bisa menginstall aplikasi subway surf. Paham kan?

Selanjutnya, jika kamu tetap ngotot untuk mendownload aplikasi tersebut meski versi android kamu tidak memenuhi kriteria nanti kamu pasti tidak akan bisa menginstal aplikasi ataupun game tersebut.

cara mengatasi masalah install game
Biasanya akan ada tulisan "gagal mengurai paket" atau "terjadi masalah saat mengurai paket" . Ada cara lain yang lebih mudah untuk mengetahui aplikasi tersebut cocok apa enggak dengan hp android kamu adalah dengan cara melihat ikonnya ada apa enggak. Coba perhatikan gambar diatas yang saya tunjuk dengan arah panah warna biru. semua game ada ikonnya kan, cara mengfetahui gamenya ada ikonnya atau enggak kamu cukup masuk ke file manager di hp android kamu.

Saya ga tau apa semua file manager bisa menampilkan ikon gamenya atau enggak tapi yang jelas kalo game tersebut tidak memiliki ikon seperti yang saya tunjukkan tadi itu karena ap-likasinya tidak kompatible dengan hp android kamu. Alasan skyforce reloaded itu ga ada ikonnya adalah karena versi android saya itu jelly bean sedangkan untuk game Skyforce ini minimal versi android yang bisa menginstallnya adalah versi android 5.0 keatas, atau mudahnya android lolipop.

Cara Mengatasi

Cukup cari mod untuk versi yang sesuai, misalnya aja: kamu tau pokemon go? Itu kan game yang hanya bisa dimainkan pada android Kitkat? nah game tersebut ternyata ada versi untuk jellybeannya alias android 4.1 keatas. Namun, hal ini sangat jarang sekali yang mau membuatkan versi mod sesuai target aplikasinya. Kecuali untuk game yang terkenal banget.

So tidak ada cara lain selain mengupgrade hp kamu ke versi android keatas. Sekarang aja versinya sudah sampai versi android 6.0 Alias android Nougat.

Cek versi kernel android kamu

Selanjutnya ialah versi kernel di android, hal ini juga turut menentukan apakah hp kamu bisa menginstall aplikasi apa enggak ialah dengan melihat versi kernel android kamu dan membandingkannya dengan game tersebut. ga tau apa itu kernel? Coba deh skrol lagi ke atas dan peerhatikan lagi gambar tangkapan layar CPU Z diatas tadi. Perhatikan dibagian "Kernel Architecture" yang ada dibawahnya android version. Ada tulisannya ARMV7.

Itulah versi kernel, ada 2 yang saya tau yaitu Armv7 dan Armv6, satunya lagi x86. Namun saya akan jelasin tentang armv7 sama armv6. kalo hp kamu kernelnya armv7 maka kamu akan bisa menginstall aplikasi armv7 dan armv6, tapi kalo hp kamu versi kernelnya itu armv6 otomatis kamu hanya bisa menginstall aplikasi armv6 doang.

Hal ini masih sama dengan versi Android, yaitu kamu ga akan bisa menginstall sebuah game armv7 di hp android armv6. Kecuali kamu mengconvertnya dulu tapi untuk mengconvert dari armv7 ke armv6 itu ga semua game bisa diconvert, hanya sebagian kecil aja. Contoh game yang Armv7 ialah, Cheat Dream League Soccer. jadi kalo kamu ga bisa menginstall aplikasi dream league soccer maka kamu wajib memastikan masalahnya ada dimana, pasti ada di salah satu yang sudah tak jelasin diatas.

Cara Mengatasi

Cari mod yang sesuai, namun ini jarang jadi skip aja. Cara paling ampuh adalah BELI HP LAGI. hehehehe. karena kamu ga bisa mengconvert armv6 ke armv7. So hal termudah yaa beli hp lagi.

Masalahnya ada di Aplikasi

mengatasi tidak bisa instal aplikasi

Aplikasinya Rusak

Hal lain yang bisa bikin kamu tidak bisa install game adalah aplikasi tersebut rusak, hal ini berlaku kalau kamu menggunakan cheat game, atau mod game. jadi untuk memastikan hp kamu itu normal, kamu cukup menginstall aja aplikasi yang asli, yang ada di playstore. kalo bisa berarti kamu harsnya bisa menginstal aplikasi yang dimaksud, namun mod aplikasinya yang rusak. Hal ini sebenernya jarang sekali terjadi karena sang pembuat mod pasti melakukan testing aplikasi tersebut sebelum akhirnya di sebarluaskan.

Saya sendiri aja selalu melakukan test gamenya setelah melakukan mod sebelum saya bagikan. Jadi kemungkinan mod game rusak sangat kecil. Dan hal paling nyebelin dari ngemod game adalah bagian testong, karena perlu copot pemasangan dulu, lalu instal lagi dan begitu seterusnya sampai kamu menemukan mod yang di inginkan.

Cara Mengatasi

Sudah paham kan gimana mengatasinya? Tinggal cari apk yang bisa kamu install. Saya pernah error waktu menginstall game gara* modnya. Game yang pernah tak install itu Riptide GP, dan setelah ganti mod apk akhirnya saya sukses bisa main.

Mod Game Apk Perlu Root

Tau ga sih, ada beberapa mod meski apknya tidak rusak tapi tetap aja kita ga bisa memasangnya? Itu karena aplikasi tersebut memerlukan hak akses root supaya kamu bisa instal game itu dengan normal dan bisa menjalankan cheatnya. Hal terbaik untuk mengetahui game mod tersebut perlu root apa enggak yaitu dengan bertanya kepada sang pembuat.

Semua mod yang belum di sign, tidak bisa dipasang pada hp androiod tanpa root. Biasanya hal ini dilakukan supaya modnya bisa login ke googleplay, googleplus atau bisa dimainkan secara online. Paham kan?


Masalah Resources could not be found

cara mengatasi download failed because resources could not be found

Pernah mengalami hal seperti diatas ga? muncul tulisan "download failed because the resources could not be found" saat membuka gamenya, biasanya ini terjadi pada game besar seperti pada game bully, hal ini berlaku buat semua game baik itu yang pakai cheat game bully anniversary edition maupun tanpa cheat. Hal ini terjadi karena aplikasinya itu tidak bisa membaca file obb, pokoknya intinya obb maupun datanya itu ga bisa terbaca. Meskipun lokasi file obb dan data sudah benar tapi kamu akan tetap mengalami masalah diatas jika.

1. File OBB Korup

Yaa, ini kadang terjadi kalo file obb korup jadi kamu ga bakal bisa memainkan game kalo filenya itu korup. Solusi? Cari obb ditempat lain.

2. Ukuran OBB atau DATA tidak sesuai

Masih sama dengan hal diatas, kalo ukuran obb kamu tidak sesuai yaa kamu bakalan terus mengalami hal diatas.  Biasanya aplikasi itu selalu melakukan checking pada ukuran obb tersebut, kalo ukuran obb tidak sesuai yaa kamu bakalan terus mengalami resources could not be found. karena apknya tidak bisa menemukan obb yang dimaksud gara* ukuran file. Solusi? Download Ulang

3. Versi OBB Salah

Jangan salah yaa? tiap game saat melakukan update itu biasanya file obb itu juga ikut terupdate. So, misalnya aja kayak game dream league soccer. Tiap versi itu ukuran obbnya beda dan kamu harus menggunakan ukuran obb yang sesuai agar game kamu bisa dimainkan. Solusi? Periksa versi obb dan versi game kamu, kalo cocok berarti kamu bisa main.

Cara mengatasi download failed because the resources could not be found

Hal yang sangat sering terjadi adalah masalah ini, kamu ga bisa mainin gamenya hanya karena lupa meletakkan lokasi obb dengan benar. Untuk cara mengatasinya pun sangat mudah sekali, kamu tinggal pindah aja file obb dari memori eksternal ke memori internal, atau sebaliknya. Lalu coba deh gamenya!!

Kalo ga gitu, kamu salah meletakkan file obb. Lokasi obb itu ada di dalam folder Android/OBB/Disini. Yaa, akhirnya tulisan ini sudah selesai, jika kamu mengalami masalah saat install game cukup periksa seperti yang tak sebutkan diatas, masalahnya ada dimana? kalo sudah gitu kamu pun bisa mengatasinya kan. Ya sekian dulu dan selamat bermain.
Previous
Next Post »

Cari Cheat di Blog Ini