Jul 31, 2023

Cara Pakai Emulator Ps1 Android dan Main Dengan Lancar!

Hayoo, siapa coba yang kangen main game ps1? Sudah tau kan kalo ada Emulator ps1 Android? tau ga sih cara pakai ini emulator gimana? Buat kamu yang belum tau kini saya bakalan jelasin dengan lengkap tentang penggunaaan emulator ps1di android, mudah banget kok! Bahkan kita bisa main game ps1 di android kita dengan lancar.

Saat ini kalo kamu sedang kangen pengen main game psx, maka kamu sudah tidak perlu lagi buat beli konsol ps1 hanya untuk mainin gamenya. Walau harga ps1 terbilang sudah turun, namun ada cara yang lebih murah dan simple supaya kita bisa merasakan kembali serunya main game ps1. Yaitu dengan cara menggunakan emulator!

Cara Pakai Emulator Ps1 Android dan Main Dengan Lancar!

Cara Pakai Emulator Ps1 Android dan Main Dengan Lancar

Apa itu emulator? emulator merupakan hardware atau software yang digunakan untuk berperan sebagai komputer yang satu menjadi komputer yang lain. Misalnya aja, kita punya hp android dan hp nokia. Kita pengen mainin game hp nokia di hp android, nah berhubung android itu sistemnya berbasis linux dan nokia itu sistemnya berbasis java maka supaya kita bisa menjalankan sistem operasi java di linux maka kita perlu yang namanya emulator.

Sama halnya jika kita pengen memainkan game ps1 di android, maka kita tidak akan bisa langsung memainkan game tersebut tanpa perantara aplikasi lain seperti emulator. Karena kita bermaksud menjalankan sistem yang berbeda dengan aslinya. Emulator ps1 di android itu ada 3 aplikasi, antara lain: Fpse, psx4droid dan ePSXe. Nah, yang akan saya pakai di dalam tutorial kali ini adalah aplikasi bernama epsxe.
Baca juga: Cheat Nascar Rumble Ps1 Membuka Semua Mobil
Meski terlihat kuno tapi game ps1 mempunyai keunikan sendiri dibandingkan dengan game android yang ada sekarang. Tentunya bagi kamu-kamu yang pengen nostalgia lagi sama game jaman dulu, kadang kita mungkin mengalami masalah saat memainkan game ps one di android. Masalah yang umum terjadi ialah gamenya yang ngelag, lalu game psx -nya tidak mau loading atau game psxnya tidak mau jalan* juga.

Nah, itulah beberapa hal yang saya alami ketika memainkan game ps1 menggunakan emulator. Makanya saya bikin tutorial ini, kalau begitu langsung aja disimak tentang cara menggunakan emulator ps1 di android dengan lancar.

Cara Pakai dan Main Emulator Psx Android Dengan Lancar

emulator ps1 android apk
Supaya kamu bisa main game ps1 dengan lancar, satu*nya hal yang kamu perlukan adalah aplikasi emulator yang tepat. Nah, yang saya sarankan adalah aplikasi bernama epsxe, karena saya sudah mencoba apk emulator fpse dan game yang saya mainkan malah tidak bisa jalan atau loadingnya terlalu lama.

Tapi setelah saya berganti dari emulator fpse ke emulator epsxe malah dengan game yang sama, lebih cepat memakai emulator epsxe ketimbang memakai fpse. Jadi hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah download emulator epsxe terlebih dahulu ke android kamu dan memasangnya. Jika sudah lalu download lagi game ps1nya, biasanya game ps 1 ini nanti akan berupa file bernama .iso, cso, dll.

Setelah kamu menginstall aplikasi emulator, kamu tidak akan langsung bisa membuka game ps1nya jika kamu belum mendownload yang namanya BIOS. Karena bios ini sangat penting sekali supaya kamu bisa memainkan game ps1 di android kamu. Jadi kamu akan perlu 3 hal yang wajib di download
  1. Apk emulator epsxe
  2. BIOS
  3. Game Ps1 itu sendiri
Setelah selesai menginstall emulator epsxe, selanjutnya kamu download bios yang diperlukan. Jika kedua hal tersebut sudah selesai kamu lakukan, silahkan letakkan file BIOS dimana aja. Lalu bukalah emulator epsxenya

cara main game ps1 di emulator ps1 android

Nanti emulatornya akan otomatis mencari file BIOS yang diperlukan. Jika tidak mencari sendiri, maka kamu hanya perlu mengklik tulisan 'Run Bios' untuk melakukan scanning secara manual. Jika sudah sukses nanti akan muncul pesan seperti diatas. Kalo sudah begitu langsung aja klik OK.

download epsxe emulator ps1 android gratis

Setelah selesai, baru deh kamu klik yang bagian "Run Game".

cara menggunakan emulator psx

Setelah itu secara otomatis emulator epsxe akan melakukan scanning game ps1 yang kamu miliki di memori kamu. Wajib pastikan kalo kamu memang telah mendownload game ps1nya karena kalau tidak nanti kamu tidak akan bisa main karena emulator ini hanya sebagai perantara saja.

emulator ps1 android terbaru

Jika kamu sudah punya gamenya nanti akan muncul daftar game ps1 yang kamu miliki disini seperti gambar diatas. Sampai disini sekarang kamu tinggal pilih game yang akan kamu mainkan, klik aja langsung pada judul game yang telah muncul. Setelah itu, sudah deh, sekarang kamu sudah bisa main game ps1 dengan lancar pakai emulator ps1 di android.
Baca juga: Cara Memasukkan Cw Cheat Emulator PSP Android
Gampang banget bukan? Nanti saat kamu pengen main game yang lain kamu hanya tinggal download kumpulan game ps1 yang ada dan langsung klik bagian 'Run Game' nuntuk main tanpa perlu melakukan setting BIOS lagi.

Download ePSXe Emulator Ps1 Android

Silahkan download kedua file diatas, untuk biosnya ini merupakan versi SCPH1001 dan bios ini bisa digunakan pada semua jenis emulator yang sudah saya sebutkan tadi. Jika sudah, install dan mainkan!