adsense

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Beserta Data OBB Dengan Mudah

Pengen tau Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Dengan Mudah ? Temukan caranya disini !! Tidak mau kan aplikasi dan game kesayangan kamu harus kamu hapus? Seiring dengan banyaknya game besar dengan kualitas grafis HD maka memori yang dibutuhkan pun semakin banyak, dan jangan heran kalo misal game seperti bully android memiliki data obb hampir 3 GB. Ukuran game bergiga* itu sekarang merupakan hal yang wajar. Makanya sekarang banyak pembuat hp android memaksimalkan memori internalnya yang sampai 16 GB.

Namun, gimana coba kalo semua memori 16gb itu terpakai semua? Ukuran segitu masih kurang untuk menyimpan 3 game hd, ratusan musik mp3 dan 10 film dengan kualtas 1080p.  Tapi hal tersebut masih bisa diatasi dengan cara memindahkan file mp3 dan film ke memori eksternal. Nah yang jadi masalah ialah saat memori internal penuh semua dengan obb game. Alhasil kita pun tidak bisa lagi menginstall game ke dalam memori internal. Makanya tulisan ini saya tunjukkan buat kamu yang ingin tau tentang cara memindahkan aplikasi ke kartu sd

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Dengan Mudah

cara memindahkan aplikasi ke sd card dengan mudah

Untuk memindahkan aplikasi ke sd card itu bisa dilakukan dengan beberapa cara, dan yang paling utama itu ada 2 cara, yaitu memindahkan aplikasi ke sd card tanpa root dan dengan root. Keduanya sedikit berbeda, walau fungsi utamanya masih sama. Soal resiko, kedunya tidak ada resikonya paling khusus yang dengan root, resikonya cuman garansi hp bakalan hilang khusus untuk hp yang baru dan memiliki garansi.

Sayang banget kalo garansi hilang hanya karena kita melakukan root pada hp kita. Yap! itu aja kok. Disini nanti saya akan membahas kedua cara tersebut dan keduanya pun bisa dengan mudah langsung kamu praktekkan. Saya akan membahas cara pertama yang tanpa root.

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Tanpa Root

Untuk yang tanpa root ini kita bakalan memanfaatkan fitur yang sudah ada di hp kita, semua hap pasti punya fitur ini. Karena ini adalah fitur bawaan dari pabrik, dan tentu saja pihak pembuat pasti sudah memikirkan hal ini makanya hp sekarang sudah punya memori internal sampai 64 GB. Contohnya hp buatan china, yaitu Xiaomi versi Redmi Note 4.
Baca juga: Cheat Criminasl Case Tanpa Root
Ukuran segitu sudah banyak banget, minimal kamu bakalan punya 62 game ukuran hd jika diasumsikan semua data termasuk obbnya punya ukuran sekitar 1gb. Okelah, kalau begitu langsung aja kita mulai mengenai cara pindahkan aplikasi kita dari internal ke sd card.

cara memindahkan aplikasi ke sd card

Pertama, kamu masuk dulu ke pengaturan yang ada di hp kamu. Jika sudah kamu masuk deh ke bagian "Penyimpanan", tulisannya tidak selalu 'penyimpanan' karena kadang beberapa hp punya nama yang berbeda tapi intinya masih tetap sama kok dan saya yakin semua hp pasti punya fitur ini. Setelah itu, kamu lihat gambar diatas kan? Itu lhoo, gambar yang ditunjuk arah panah warna merah. nah kamu pilih deh yang itu.

cara memindahkan aplikasi ke sd card tanpa root

Kalo sudah kemungkinan besar nanti akan ada pemberitahuan seperti yang diatas. Jika ada kamu tinggal klik OKE. Nanti hp kamu bakalan restart, tenang aja ini normal kok. Kalo hp kamu ga bermasalah semuanya akan baik-baik aja. Jika sudah silahkan deh kamu test install aplikasi, jika sukses maka tiap kamu install aplikasi maka aplikasi kamu bakalan terinstall di sd card kamu.

Nah, itu kan khusus untuk aplikasi baru? Lalu gimana dong buat mindahin aplikasi ke sd card kalo aplikasinya sudah terlanjur terisntall? Biar data ga kehapus gitu.. Hmm, baiklah, lanjut deh. Untuk memindahkan aplikasi yang sudah terinstall ke sd card juga gampang banget kok, sama seperti diatas ini adalah fitur yang sudah ada pada semua hp android.

memindah aplikasi ke sd card

Silahkan kamu pergi ke pengaturan, lalu cari yang namanya "APL" atau "APK" atau apa aja deh yang penting waktu kamu klik nanti akan muncul kumpulan aplikasi yang sudah terinstall di hp kamu kayak gambar diatas. kalau sudah sekarang kamu tinggal centang aja aplikasi mana yang mau kamu pindahkan ke sd card. Bisa lebih dari satu, jika sudah sekarang kamu tinggal klik aja tombol "Pindahkan ke karti memori" yang sudah ditunjuk sama arah panah diatas.

kalau tidak ada? Jika tidak ada, maka kamu harus pindahkan aplikasi tersebut satu persatu secara manual, caranya klik aja aplikasi yang mau kamu pindahkan. Sebagai contoh saya pengen mindahin Beach Buggy Racing ke sd card, maka saya klik deh game tersebut.

cara memindah aplikasi ke sd card

Nanti akan ada berbagai macam informasi dari aplikasi tersebut termasuk info versi aplikasinya, jika sudah kamu cari aja deh tombol "Pindah ke Penyimpanan telepon". Lalu tunggu sebentar, dan nanti aplikasi kamu otomasti sudah terpindah ke sd card. kalau sudah begitu kamu tinggal mainin aja deh! Saya sarankan kamu langsung praktekan aja cara kedua ini, jangan cara yang pertama.

WAJIB BACA !!!

"Min, kok aplikasinya masih belum kepindah ke sd card yaa? atau kok ga ngefek?" Kalo ga bisa berarti lanjut ke cara berikutnya, yaitu dengan root. Buat yang bertanya-tanya kenapa ga bisa? Saya kasih tau nih, sebenernya cara ini belum tentu berhasil 100%, kenapa? karena itu tergantung dari aplikasi kamu, atau game kamu. Karena beberapa game hanya memperbolehkan menginstall data ke dalam memori internal, bukan sd card.
Baca juga: Tips, Trik dan Cara Main Score! Hero Bintang 3
So, kalo aplikasinya ga bisa dipindah ke sd card maka kamu tinggal protes aja ke pembuatnya karena dialah yang bertanggung jawab itu aplikasi bisa dipindah ga ke sd card? paham kan? mau tau lebih lanjut? Kunjungi halaman ini https://developer.android.com/guide/topics/data/install-location.html#ShouldNot Disitu sudah dijelasin kok, khusus buat para pembuat aplikasi atau pembuat game. hal apa yang harus dilakukan supaya aplikasinya bisa dipindah ke sd card. Sudah paham kan? Lanjut ke cara berikutnya!

Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD dengan ROOT!

Langkah selanjutnya adalah khusu untuk hpnya yang sudah di root, dan cara ini adalah cara yang sangat saya rekomendasikan. Karena saya biasanya memakai cara ini untuk perihal memindahkan aplikasi ke sd card, selain mudah juga ga ada resikonya dan pastinya 100% berhasil dong!

Untuk mempraktekkan cara ini ada baiknya hp kamu sudah di root karena kalo enggak di root maka ga bakalan bisa. Di cara ini kita bakalan manfaatin aplikasi pihak ketiga! Namanya Folder Mount, yang bisa kamu download di akhir artikel ini. Pertama kamu install dulu aplikasinya, tidak tau cara install aplikasi? baca ini: Cara Install Aplikasi Android Dengan Benar.

Cara Memindahkan Data OBB ke Sd Card

Jangan salah yaa? cara yang tak sebutkan diatas itu memindahkan aplikasinya aja, bukan termasuk data dan obbnya. Namun khusus aplikasi yang bisa dipindahkan ke sd card, maka otomatis file data dan obb bakalan ikut terpindah ke kartu sd. Jadi kalo yang kamu maksud memindahkan aplikasi aja masih ada cara lain yang cuman sekali klik. Namun sekarang saya hanya akan bahasa gimana sih cara pindahin data aplikasi ke sd card.

Sudah install aplikasi folder mount? Oke, skip dulu yang ini. Kamu buka aja file menager di hp kamu. Apa itu file manager? itu lhoo, aplikasi yang bisa membuat kita melihat file di dalam memori internal maupun eksternal. Itu yang dinamakan file manager, ngerti kan?

memindahkan aplikasi ke sd card

Setelah kamu buka, kamu masuk deh ke penyimpanan sd card. OBB dan DATA aplikasi kamu pindahin aja ke sd card, letakkan di dalam folder Android/OBB/Disini. kamu juga harus bisa bedain mana obb dan mana data. Sudah pernah tak bahas kok di dalam artikel saya tentang install aplikasi android yang benar. Kalau sudah, sebagai contoh saya bakalan memindahkan data obb game bully ke sd card yang saya miliki (Lihat arah panah diatas). Ingat baik-baik namanya, yaitu com.rockstargames.bully. Buat yang belum punya cheatnya bisa cari di blog ini di artikel cheat game bully anniversary edition lengkap.

cara mudah memindahkan aplikasi ke sd card
Oke, sudah kan yaa? kalau sudah masuk ke penyimpanan Internal. Pergi ke folder yang ditunjuk arah panah yaitu folder Android/OBB/ DISINI.

pindahkan aplikasi ke sd card

Sesudah itu, buat folder dengan nama folder obb tadi. Kan sudah tak bilang buat ingat* kan? jadi kamu buat folder dengan nama ini com.rockstargames.bully, kalo saya biasanya nama foldernya tak rename lalu copy biar ga capek-capek ngetik. Jika sudah buat foldernya, klik oke aja langsung!

pindah aplikasi ke sd card
Oke, sudah jadi kan foldernya? lalu kamu langsung keluar aja deh. terus buka aplikasi folder mount yang sudah terinstall tadi. Tampilannya nanti bakalan kayak gini.

cara pindah aplikasi ke sd card
Kalo di kamu, pasti kosong. Berhubung saya sudah memakai aplikasi ini berulang kali maka tampilannya kayak diatas deh. Itu adalah kumpulan folder game yang telah saya buat dan saya pindahkan ke sd card. Setelah itu kamu klik aja tombol + yang ditunjuk arah panah warna merah diatas. Fungsinya ini untuk membuat folder baru!
cara memindahkan aplikasi beserta data ke sd card

Pertama, di bagian Name: Ini silahkan di isi nama gamenya, atau nama terserah kamu biar kamu gampang aja ngingetnya! Setelah itu kamu langsung klik tulisan "Folder to move data from" dibawah tulisan Source.

cara memindahkan aplikasi obb ke sd card
Nanti akan muncul folder yang ada di memori internal kamu, lalu kamu masuk deh ke dalam folder Android, lalu klik lagi folder OBB. Terus pilih yang com.rockstargames.bully, setelah kamu klik.

cara mudah pindahkan obb ke sd card

Nanti akan seperti gambar diatas, tidak ada file apapun di dalamnya. Tinggal klik centang aja deh langsung, yang ada di pojok kanan atas yang ditunjuk arah panah.

memindahkan obb data aplikasi ke sd card

Kalau sudah nanti pasti muncul pemberitahuan, kamu pilih aja yang NO. Oke, lanjut lagi, kamu klik tulisan yang "Folder to move data to" yang ada dibawahnya Destination. Terus bakalan muncul kumpulan folder yang ada di memori sd card kamu. Setelah itu sama seperti cara diatas, yaitu kamu tinggal cari dimana lokasi obb kamu berada. Berhubung kan tadi sudah tak letakkin di dalam folder Android/OBB/Disini. maka saya tinggal buka aja folder android lalu klik folder obb.

pindahkan aplikasi obb dan data ke sd card
Setelah itu, kamu klik lagi deh folder com.rockstargames.bully. Nah, kalo yang ini pasti muncul berapa ukuran file di dalam folder tersebut. Coba lihat diatas, ukurannya 2.7 Giga. Nah file inilah yang akan kita pindahkan ke sd card. Ehhh, filenya udah pindah kan yaa? maksudnya kita mounting ke internal. Oke, kamu klik aja itu folder.

memindahkan aplikasi obb data ke sd card
Setelah itu, kamu klik centang langsung. walau kamu klik. Disini kamu ga bakalan bisa melihat file obb yang kamu miliki. Karena yang terlihat hanya foldernya aja. Sesudah kamu klik centang maka harusnya nanti akan tampil tampilan kira* kayak gambar dibawah ini. Tulisan dibawah source sama destination sudah berubah!

cara memindahkan data aplikasi ke sd card

Setelah itu, langsung kamu klik Centang lagi yang ada dibagian kanan atas. Sudah selesai? ehh belum, karena kita masih perlu mengaktifkannya supaya game kita sukses terpindah ke sd card.

cara memindahkan obb aplikasi ke sd card

Cara mengaktifkannya pun mudah banget kok, kamu lihat kan yang ditunjuk kedua arah panah diatas? kalau arah panah warna putih itu fungsinya untuk mengaktifkan semua folder yang telah kamu buat. Kalo wanra merah itu yaa cuman ngaktifin folder itu aja. Klik aja deh langsung!

pindahkan data aplikasi ke sd card
Nanti pasti bakalan loading, jadi tunggu aja sebentar. Dan untuk mengetahui kalo data obb kita sudah pindah ke sd card ialah dengan melihat warna pinnya. Kalo warna pinnya berawarna hijau itu artinya sudah aktif dan kamu sudah siap untuk memainkan gamenya. Setelah warna pinnya jadi hijau, sekarang kamu langsung buka aja gamenya, maka nanti kamu sudah bisa langsung memainkannya dan aplikasinya pun sudah pindah ke sd card.

Gimana, mudah kan cara memindahkan aplikasi ke sd card beserta data obbnya? Kalau begitu kamu hanya perlu mendownload folder mountnya.

Download Aplikasi Pemindah Data

Setelah di download silahkan pasang seperti biasa, ukurannya pun hanya sekitar 1mb'an. Kecil banget kok, belum lagi bukan cuma obb aja yang bisa dipindah melainkan data sekalian termasuk cache aplikasi sekalian juga bisa. Cara penggunaannya pun masih sama, hanya beda lokasi foldernya! Oke sekian dulu artikel ini.
Previous
Next Post »

Cari Cheat di Blog Ini